Rumus Umum di Microsoft Excel
Hai readers!!
Saya mau share tentang rumus umum yang ada di Ms. Excel. Kebanyakan pasti udah tau dong? Sekedar share aja nih, semoga membantu :)
Saya mau share tentang rumus umum yang ada di Ms. Excel. Kebanyakan pasti udah tau dong? Sekedar share aja nih, semoga membantu :)
Sebelum memasukan rumus, harus pakai = dulu yaa
1. Operasi Aritmatika
Operasi aritmatika yaitu operasi atau perhitungan penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Simbolnya + , - , / , dan *. Untuk perhitungan yang ingin dihitung lebih dahulu, dapat menggunakan tanda kurung ( ), semisal ingin menjumlah dulu baru dikali, maka simbolnya =(A1+A2)*B2
![]() |
| Operasi Penjumlahan |
![]() |
| Operasi Pengurangan |
![]() |
| Operasi Pembagian |
![]() |
| Operasi Perkalian |
![]() |
| Oeprasi menggunakan tanda kurung |
2. Menggunakan Formula SUM, AVERAGE, MIN, MAX, COUNT, COUNTIF
Formula-formula tersebut merupakan formula dasar, wajib tahu ya kalo pakai ecxel :)
a. SUM : untuk menghitung nilai total suatu range.
a. SUM : untuk menghitung nilai total suatu range.
Contoh : =SUM(sel_awal:sel_akhir)
b. AVERAGE : untuk menghitung nilai rata-rata suatu range.
Contoh : =AVERAGE(sel_awal:sel_akhir)
c. MIN : untuk mencari nilai terkecil dari suatu range.
Contoh : =MIN(sel_awal:sel_akhir)
Contoh : =MIN(sel_awal:sel_akhir)
d. MAX : untuk mencari nilai terbesar dari suatu range.
Contoh : =MAX(sel_awal:sel_akhir)
e. COUNT : untuk menghitung banyaknya data dari suatu range.
Contoh : =COUNT(sel_awal:sel_akhir)
f. COUNTIF : untuk menghitung banyaknya data dari suatu range dengan persyaratan tertentu.
Contoh : =COUNTIF(sel_awal:sel_akhir;kriteria)
NB. : untuk penulisan teks didalam formula harus memakai tanda petik, misal : "teks"





Komentar
Posting Komentar